RSS
Facebook
Twitter

Minggu, 10 November 2013

Cara Belajar yang Benar Supaya Tidak Gampang Lupa

Hai, kali ini gue akan ngasih tau kalian gimana caranya belajar yang bener supaya gak gampang lupa.

Biasanya kan kita kalau udah belajar, baca buku semaleman, terus besoknya pasti lupa. Apa lagi kalo belajar biologi, banyak istilah-istilah yang ruet buat diapalin. Beberapa jam yang lalu, gue baca artikel yang isinya tentang cara belajar efektif. Menurut gue artikel itu bagus, dan berhasil buat gue. Gini nih caranya:

Pertama, baca dulu buku yang mau lo pelajarin. Udah dibaca, pasti lo udah agak ngerti kan sama isi buku itu. Terus lo inget-inget lagi hal-hal yang ada dibuku itu tanpa harus ngeliat buku.

Kedua, buka bukunya lagi. Lo baca buku itu dengan suara lantang, anggap lo itu jadi guru. Lo ngejelasin isi buku itu pake bahasa lo sendiri. Kalo ada yang lupa, liat buku terus catet yang lo lupain itu, dan hapalin yang lo catet itu, jelasin lagi secara berulang-ulang.

Ketiga, tutup buku lo. Anggap lo jadi guru lagi. Jelasin isi buku itu tanpa ngeliat ke buku.

Sumpah itu berhasil banget buat gue. Tadi gue abis belajar tentang cyanophyta pake cara yang diatas. Sekali belajar gue udah lumayan hapal isi materinya.

0 komentar:

Posting Komentar