RSS
Facebook
Twitter

Sabtu, 09 November 2013

Sistem Pencernaan Manusia SMP

Hai, kali ini gue akan ngasih tau kalian tentang jenis-jenis enzim di pencernaan manusia, dan kandungan zat-zat makanan yang diuji dengan larutan tertentu. Kenapa gue nulis ini? Ini kan pelajaran SMP? Karenaa, nanti Desember gue mau ikut LTCM, dan pelajarannya itu SMP sama kelas 10. So, gue harus ngulang lagi pelajaran UN SMP, dan sebenernya gue maleeess banget ngulangnya-_-

Udah ah langsung aja ...

Jenis enzim pada manusia:
  1. PTIALIN : enzim ini ada di rongga mulut. Ptialin(amilase) ini ada di ludah lo. Fungsinya mengubah amilum (zat tepung) menjadi glukosa (zat gula). Makanya itu kalo lo ngunyah nasi terus-terusan rasanya bakalan manis kayak gue.
  2. PEPSIN : enzim ini ada di lambung. Fungsinya untuk merombak protein menjadi pepton. Pepton itu protein yang lebih sederhana lagi.
  3. RENIN : ada di lambung juga. Fungsinya untuk mengendapkan protein susu (kasein). Inget yah, kucing ga boleh minum susu sapi! Karena disistem pencernaanya dia ga punya enzim renin. Kalo lo kasih kucing susu sapi, gimana cara mengendapkannya? Pasti dia bakal keracunan, kan kasian :(
  4. AMILASE : dibuat di pankreas, terus disalurin ke usus halus. Fungsinya mengubah amilum menjadi glukosa.
  5. TRIPSIN : sama kayak amilase, tripsin dibuat di pankreas terus disalurin ke usus halus. Tapi fungsinya beda. Tripsin diciptakan gunanya untuk merombak protein sederhana(pepton) menjadi asam amino. Kan tadi protein didalam makanan udah diubah sama enzim pepsin di lambung jadi pepton. Sekarang pepton itu diubah lagi sama tripsin jadi asam amino.
  6. ENTEROKINASE : gue ga terlalu tau tentang enzim ini. Tapi gue liat di buku, katanya tempat produksinya di usus halus. Fungsinya buat mengaktifkan tripsin.
  7. EREPSIN : Ini juga gue kurang tau. Bagi adek-adek SMP yang mau UN, enzim ini ga usah diapalin karena ga akan keluar wks. Tempat produksinya ada di usus halus. Fungsinya mengubah pepton menjadi asam amino.
  8. LAKTASE : enzim ini diproduksi di usus halus. Fungsinya untuk mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa.
  9. MALTASE : diproduksi di usus halus. Fungsinya untuk mengubah maltose menjadi glukosa.
  10. SUKRASE : diproduksi di usus halus. Fungsinya untuk mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa.
  11. LIPASE : lipase ini diproduksi di pankreas terus disalurin ke usus halus. Gunanya untuk mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

Itu aja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini (wkz). Kalau ada yang salah maap yah, namanya juga manusia pasti pernah buat kesalahan (#eaa).
Makasih yah udah baca, semoga apa yang lo baca bermanfaat buat idup lo. Oh iya, untuk ngapalin enzim yang ada di usus halus, inget aja TAL (bahasa inggrisnya tinggi, kan usus itu panjang yah, lo inget aja tal/?). TAL itu Tripsin, Amilase, Lipase. Sekian :*

0 komentar:

Posting Komentar