RSS
Facebook
Twitter

Sabtu, 09 November 2013

Belajar Menulis

Hai bro! Kali ini saya diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk menulis sebuah artikel yang judulnya Belajar Menulis. Maksudnya bukan belajar nulis kayak anak TK itu yah, tapi belajar menulis sebuah cerita/artikel/bacaan kayak yang di koran-koran gitu.

Seperti yang kita tau(kita?), banyak orang-orang yang memposting sebuah entri di blog, dan rata-rata mereka itu copy paste dari blog lain. Gue juga ngelakuin itu dulu(dulu yah), dan sekarang gue udah tobat, gue ga mau ngelakuin itu lagi ._.

Sekarang gue udah SMA, banyak hal yang harus gue kuasai salah satunya menulis. Hari ini, besok, lusa dan seterusnya gue masih belajar bagaimana cara menulis yang baik dan benar. Gue masih mengembangkan skill menulis gue. Gue tau skill menulis gue masih rendah, rendah banget mungkin yah. Makanya, mulai sekarang, gue akan rajin-rajin ngepos di blog ini dengan tulisan-tulisan gue yang mungkin agak GJ dan ga penting-penting amat.

Gue pernah baca suatu bacaan, katanya salah satu cara untuk otak supaya berkembang adalah dengan menulis jurnal atau diary. Gue pernah ngelakuin itu, tapi beberapa hari kemudian diary itu ga pernah gue buka lagi karena males. Gue itu yah, kalo ngelakuin sesuatu ga pernah konsisten, awalnya mah semangat yah, tapi beberapa jam kemudian ga dilakuin lagi(ngerti ga maksud gue?).

Menulis di blog enak kok, keluarkan semua yang ada dipikiran lo, dan tulis di blog! Publikasikan, jangan malu. Walaupun tulisan lo ga jelas(kayak yang gue tulis sekarang ini), tetep publikasiin, demi meningkatkan kualitas menulis elo! Gue yakin awal-awalnya tulisan lo pasti rada-rada gimana gitu yah, tapi lama-kelamaan kalo sering-sering latihan, pasti lo terbiasa dan tulisan lo pun enak di baca kayak bacaaan penulis profesional gitu.

Bingung mau nulis apa? Ga usah bingung deh, tulis aja semua kejadian yang lo alami hari ini, atau pengalaman-pengalaman yang pengen lo ceritain. Atau engga, lo tau suatu informasi dari guru, temen, atau siapapun, dan informasi itu jarang diketahui orang lain tapi bermanfaat, tulis di blog!

Kalau lo udah punya ide mau menulis apa, langsung aja tulis. Bagian pertama tulisan biasanya lo agak bingung buat milih kata-kata, tapi terusin aja nanti lama-kelamaan kata-kata itu akan mengalir sendiri. Jika sudah selesai, baca lagi tulisan yang tadi lo buat, kalau ada yang salah, ya benerin lah. Terus baca lagi sampe 3 kali. Kalau udah mantep baru deh dipublikasikan.

Itu aja yang bisa gue kasih tau. Sumpah ini gue baru belajar nulis udah sok-sokan nasehatin orang cara menulis yang baik._. I don't care lah, gue seneng udah bisa nulis artikel ini. Mudah-mudahan ada yang baca, kalo ga ada juga gapapa kok, tapi gue pengennya ada yang baca. Isshhhhhhh

Udah yah makasih, semangat! Terus belajar, jangan pacaran mulu pikirinnya. Ga usah ngumpulin mantan! Sumpah ga ada gunanya! Ga penting! Ga bermanfaat! HAHAHA

0 komentar:

Posting Komentar