RSS
Facebook
Twitter

Sabtu, 09 November 2013

Cara Membuat Laptop/Komputer Menjadi Wifi Hotspot

Pernah ga sih lo kepikiran laptop lo itu bisa dijadiin hotspot/wifi? Gue sih pernah. Baru aja beberapa bulan yang lalu, gue nyari-nyari di internet gimana cara ngelakuin itu, dan akhirnya pun ketemu.
Ada 2 cara yang bisa lo lakuin. Yang pertama pake software dan yang kedua engga. Kalo yang ga pake software itu menurut gue agak ribet, jadi gue akan ngasih tau kalian yang pake software.

Softwarenya adalah Connectify Pro 3.6.0.2450. Software ini emang khusus untuk mengubah laptop lo jadi hotspot. Lo tau hotspot ga? Jangan-jangan gatau lagi. Hotspot/Wifi adalah layanan internet tanpa kabel, lo bisa nyalurin internet ke gadget lain dengan batas tempat tertentu. Pokonya gitu lah, kalo mau tau lebih banyak lagi lo cari aja di google.

Kalo lo download Connectify dari webnya langsung, pasti lo dapet yang trial. Kalo mau pro harus bayar. Karena gue baik hati dan tidak sombong, nih gue kasih link yang versi pro.

Connectify ini bisa berjalan di OS Windows 7 ( 32 and 64 bit versions ), Windows Vista 32-bit SP2, Windows XP 32-bit SP3 dan Mac OS ato Linux.

Cara Setting Connectify di Laptop/Komputer:

  1. Install Connectify yang tadi lo download.
  2. Kalo udah selesai, hidupin wifi yang ada di laptop/komputer lo. Kalo di laptop gue, caranya mencet tombol yang ada gambar wifinya. Tombol itu ada diatas keyboard. Tapi gatau yah kalo di laptop lo wkz.
  3. Buka Connectify. Pasti masih versi trial kan? Lo liat ada tulisan enter code atau tulisan sejenis itu lah (gue lupa). Klik aja, terus lo buka serial key yang tadi lo download bersama Connectify, kan ada 2 file.
  4. Tinggal copy paste aja serial dan e-mailnya. Dan Connectify lo pun jadi versi pro.
  5. Udah gitu, lo isi:
    Hotspot name: febby cantik (haha terserah lo sih mau ngisi apa)
    Password: terserah lo
  6. Internet to Share: Automatic
    Sharing Mode: terdapat 3 pilihan
    -Encrypted (WPA2) = (memerlukan password untuk connect ke hotspot)
    -Open = (Tidak memerlukan password untuk connect ke hotspot)
    -Encrypted (WEP)
  7. Kemudian klik "START HOTSPOT"
Oh iya, sebelumnya, di laptop lo itu harus ada jaringan internetnya, kayak modem. Modemnya jangan lupa dinyalain yah.

Akhirnya laptop lo pun bisa jadi hotspot. Coba deh lo hidupin wifi di smartphone lo, pasti lo bakal nemuin koneksi wifi dari laptop lo.

Kalau kalian masih ga ngerti caranya, kalian bisa nyari di google biar lebih jelas. Mungkin kata-kata yang tadi gue jelasin kurang jelas, karena itu make bahasa gue sendiri.
Okey, sampai jumpa! :*

 

0 komentar:

Posting Komentar