RSS
Facebook
Twitter

Minggu, 10 November 2013

Kesalahan Dalam Menulis

Hai guys, gue kebelet mau curhat nih. Barusan gue buka situs caramenulisnovel.com dan gue download ebook yang judulnya 12 Kesalahan Fatal Penulis Pemula Novel. Sumpah yah, isi ebook itu bener-bener mirip kayak yang gue alami. Nih gue ceritain yah sebagian isi dari ebook itu.

Menurut Agusmita, kesalahan utama seorang penulis pemula ada 12 kesalahan, yaitu:

#1 Belum membangun kebiasaan
Menurut Agusmita, luangkanlah waktu untuk menulis. Manfaatkan waktu sebaik mungkin, dan KONSISTEN. Kalo mau sukses menulis, jangan setengah-setengah dong. Kita harus memperlakukan kegiatan menulis itu sebagai sesuatu yang berharga.

#2 Menunggu sampai tahu segalanya
Kita selalu menunda untuk menulis dengan alasan belum cukup mengetahui dasar-dasar membuat karya tulis yang baik dan benar. Belajar menulis itu bukan seperti pelajaran di kelas. Tapi, learning by doing. Pelajaran terbaik berasal dari kesalahan yang lo buat. So, just do it! Jangan biarkan keterbatasan pengetahuan menghentikan langkah lo!

#3 Tidak cukup percaya diri
Nah, ini nih yang lagi gue alami. Gue ini emang udah dari lahir kurang percaya diri. Gue gatau kenapa gue kayak gini. Tapi, sekarang gue sedang menuju proses perubahan. Menurut Agusmita, sering kita bergulat dengan perasaan kita sendiri. Kita merasa belum punya banyak bekal
menjalani dunia penulisan. Dan, akibatnya kita sama sekali tak pernah memiliki karya tulis. Ada yang menyebut problem ini sebagai bagian dari rasa rendah diri. Lo
merasa belum cukup bagus, merasa belum cukup siap, dan malu jika ada
orang lain yang melihat apa yang lo lakukan. Jangan biarkan ini terjadi pada anda!!
PD aja lah, nulis sesuka lo. Walaupun tulisan lo juelek, tetep semangat. Tekunin pekerjaan lo ini, lama-lama kebiasaan, dan akhirnya kualitas tulisan lo bagus deh.

#4 Tidak menjadikannya prioritas
"Barangkali dunia penulisan hanya menjadi prioritas anda yang nomor sekian"
Yups, ini emang bener. Gue emang ga menjadikan menulis sebagai prioritas utama. Tapi, gue akan mencoba untuk meluangkan waktu gue tiap hari untuk menulis. Katanya "Cara menjadikan menulis sebagai prioritas adalah dengan memanfaatkan waktu BETUL-BETUL ditujukan untuk mencapai hasil."

#5 Rajin mendalami tanpa berbuat apapun
Naah, kadang-kadang gue ngelakuin ini nih. Biasanya orang-orang yang baru mulai belajar menulis suka mencari panduan menulis. Kita bacaaaa terus panduannya, kita nonton video tentang cara menulis, sebenernya ini buang-buang waktu. Baca boleh lah, tapi jangan sampe waktu lo kebuang. Menulis itu butuh ACTION!

Udah ah gitu aja, pegel gue ngetiknya. Kalau lo mau baca ebooknya, download lah. Gatau linknya? Cari lah. Males nyarinya? Gue juga males, ngasih taunya wqwqwq

0 komentar:

Posting Komentar